Penyimpanan Komoditi

Fumigasi Tercepat pada Truk Pengangkut Beras, Benih, Jagung, Pakan Ternak dan Komoditi Lainnya

Fumigan Fumilikuid adalah pestisida gas beracun berformulasi gas cair. Fumigasi tercepat pada truk angkut beras, jagung, pakan ternak, menir, katul, tepung dapat dibasmi 100% tuntas cepat hanya dalam 15 jam cocok sekali terutama untuk fumigasi benih.

Sekarang ada loh solusi basmi hama komoditas pangan yaitu cara tercepat membasmi kutu dalam truk untuk supply ke pabrik pakan ternak / feedmill dengan menggunakan obat fumigan gas cair FUMILIKUID (liquefied gas fumigant) : https://youtu.be/C1SA-UfdrnQ

 

Fumigasi tercepat di angkutan truk untuk perpindahan beras / katul / jagung / pakan ternak selain dapat menjaga kesegaran komoditi yang diangkut selama pengiriman sehingga dapat dipastikan 100% >bebas kutu lolos sortiran pabrik feedmill yang merupakan keunggulan mutlak (ultimate advantage) dari fumigan fosfin formulasi cair FUMILIKUID. Fumigan Fumilikuid adalah pestisida gas beracun berformulasi gas cair. Fumigasi tercepat pada truk angkut beras, jagung, pakan ternak, menir, katul, tepung dapat dibasmi 100% tuntas secara cepat hanya dalam 15 jam sangat bagus terutama untuk fumigasi benih karena ada kandungan karbondioksida (CO2).

 

jenis fumigan

 

PT Panca Prima Wijaya memberikan solusi bagi para Pahlawan Pangan yang selalu menjaga kualitas komoditi pangan-nya dengan memakai hanya obat-obat pasca panen berkualitas & terjamin keampuhannya seperti FUMIPHOS (obat fumigan berbentuk tablet), SILOGUD (insektisida pestisida berbentuk cair dengan bahan aktif Metil pirimiphos) dan FUMILIKUID (obat fumigan berbentuk gas cair yang sangat cepat membasmi kutu-kutu sampai ke telurnya hanya dalam 15 jam saja).

 

Fumigasi di truk harus CEPAT tapi juga EFEKTIF atau 100% kutu mati semua (100% mortality) ! Dan bahan aktif obat kutu fumigant-nya harus yang peruntukan komoditi pangan ! Pakai apa....?? Memang ada yg seperti itu...??

 

FUMILIKUID 2 GA !! Terobosan baru obat fumigan untuk pengendalian hama gudang pangan basmi tuntas kutu beras, kutu katul, kutu jagung, hama ulat tembakau, kutu menir, ulat kacang, kutu kopi terutama sekali untuk yg perpindahannya cepat seperti supply pakan ternak ke feedmill, dimana biasanya sortasi nya sangatlah strict atau ketat. Begitu juga untuk eksportir biji kopi dimana fumigasi kopi merupakan metode tercepat sekaligus terampuh dengan menggunakan obat kutu kopi berformulasi gas cair ini sehingga dapat membunuh kutu sampai ke telur kutu hanya dalam kurun waktu 20 jam saja.

 

Daripada sewa gudang kelamaan saat ekspor, fumigasi lah dengan obat fumigan yg CEPAT dan REAKTIF ! Sangat EFISIEN dan EFEKTIF !

 

PT Panca Prima Wijaya adalah perusahaan yang menyajikan one-stop solution untuk konsultasi dan penanganan untuk penyimpanan komoditas pertanian pasca panen (grain storage) khususnya hama resisten seperti serangga ulat terutama kutu resisten seperti Rhyzopertha atau Cryptolestes atau Tribolium, termasuk didalamnya fumigasi dan sanitasi gudang pangan, seperti membasmi tuntas kutu beras atau katul, mengendalikan ulat tembakau, hama pada penyimpanan jagung, atau kutu biji kopi, dan juga hama seperti serangga atau ulat atau kutu pada tepung terigu, kacang tanah, kacang dan biji-bijian lainnya termasuk didalamnya untuk membunuh kutu pada penyimpanan pakan ternak dengan obat fumigan tablet FUMIPHOS 56 TB yang biasanya digunakan untuk fumigasi. Tidak hanya untuk komoditas pangan, fumigasi bisa juga untuk kapal atau fumigasi gedung arsip dokumen seperti perpustakaan nasional atau gedung LIPI, dan juga armada bus atau kereta api. Kami juga bekerjasama dengan kementerian dan TNI dalam rangka menjaga stabilitas nasional seperti beras bansos atau saat kebutuhan mendesak pengiriman beras sosial ke daerah bencana darurat supaya beras yang tersalurkan dapat terjaga bebas dari kutu. Biasanya untuk fumigasi buah & komoditas pangan yang perpindahannya cepat (fast movement), customer kami menggunakan obat fumigan fosfin formulasi cair FUMILIKUID 2 GA yang berbentuk gas cair karena hanya dalam 15 jam semua kutu mati sampai ke stadium telurnya. Fumigasi fosfin formulasi cair ini sangat praktis dan efektif digunakan untuk supplier-supplier feedmill / pakan ternak dimana waktu merupakan faktor penting dalam lolos tidaknya uji saat filter penerimaan bahan baku ke feedmill-feedmill tersebut. 

 

Kami juga mensuplai obat insektisida atau pestisida SILOGUD 250 EC yang sangat ampuh dalam perawatan gudang dengan sanitasi berupa spraying atau fogging di area sekeliling gudang pangan seperti semprot ke lantai, dinding, langit-langit, teras, beranda, kebun untuk basmi hama kutu merayap (crawling pest) seperti gurem atau kutu ayam atau psocid. Selain itu, kami berpengalaman untuk konsultasi pengendalian hama (fumigasi kapal atau fumigasi palka atau fumigasi kontainer, dan sanitasi gudang komoditas pertanian seperti spraying atau penyemprotan pada perkebunan kelapa sawit dan fogging atau pengasapan).  

 

Begitu juga PT. Panca Prima Wijaya supply alat laboratorium untuk test dan grading untuk industri gandum, benih, biji-bijian dan pakan ternak.

 

Detail produk dapat dilihat di website kami, https://www.pancaprimawijaya.com/archive/index/id/5/produk.html

 

Berikut kami tambahkan basic knowledge (informasi dasar) tentang Fumigasi atau obat Fumigan-nya:

 

1. Deskripsi Fumigan

Fumigan adalah sejenis pestisida obat basmi hama yang dalam suhu dan tekanan tertentu mempunyai bentuk gas beracun bagi hama seperti kutu, rayap, serangga, dan dalam konsentrasi serta durasi tertentu dapat membunuh hama-hama tersebut. Jenis fumigan: Metil bromid (CH3Br), Fosfin (PH3), Sianogen (CN)2, Sulfuril Florit (SO2F2), Etil format (C3H6O2).

 

2. Deskripsi Fumigasi

Fumigasi sendiri adalah metode untuk mengendalikan hama pengganggu menggunakan pestisida fumigan dimana gas beracun yang berasal dari fumigant akan memenuhi ruangan yang telah ditutup secara menyeluruh untuk membunuh semua hama di dalam ruangan tertutup tersebut. Metode Fumigasi ini dijamin membunuh hama sampai ke fase telur selama kekedapan udara di ruangan yang difumigasi tersebut terjaga. Jenis fumigan yang digunakan sekarang ini ada 3 khususnya: Phosphine (PH3), Sulfuryl fluoride (SO2F2), Methyl bromide (CH3Br). Ketiga fumigant tersebut sangat ampuh digunakan untuk fumigasi komoditi pangan seperti jagung, pakan ternak, gandum, beras, katul, biji kopi, tembakau, pala, kemiri, jahe, rempah-rempah, buah kering dan biji-bijian atau serealia lainnya, dan juga fumigasi kapal atau fumigasi arsip / dokumen.

 

Perlakuan fumigasi yaitu dengan jalan pengasapan dimana fumigan dimasukan atau dilepaskan ke dalam tumpukan suatu komoditas. Proses perlakuan ini dilakukan dengan menggunakan fumigan tertentu disesuaikan dengan target / jenis komoditas, didalam ruang kedap udara, pada suhu dan tekanan tertentu dengan >dosis dan waktu yang disesuaikan dapat membunuh semua stadium hama secara tuntas.

 

PT Panca Prima Wijaya meskipun secara virtual tetap menjalankan SOP fumigasi yang benar seperti yang dikerjakan oleh tenaga ahli atau tim fumigasi yang profesional serta berpengalaman, dan dapat memberikan panduan online secara cuma-cuma ditengah-tengah pandemic covid sehingga customer dapat melakukan fumigasi mandiri. Fumigasi mandiri dapat saja dilakukan asalkan SOP ketat dijalankan mulai dari menggunakan APD lengkap dan peralatan pendukung fumigasi lengkap, persiapan supaya gas tidak akan bocor dari ruangan yang sedang dilakukan perlakuan (treatment) fumigasi. Selalu percayakan fumigasi kepada ahlinya yang memiliki pengalaman serta kompeten di bidangnya, karena apabila fumigasi dikerjakan secara ngawur, risiko yang terjadi sangat besar dan hama jadi tidak mati secara total dan mengakibatkan hama resisten.

 

3. Proses dan Tahapan Perlakuan Fumigasi

Customer memberikan gambaran lokasi yang akan dilakukan fumigasi untuk memastikan titik-titik pelepasan gas dan memastikan jenis fumigan apa yang sebaiknya diberikan pada area tersebut supaya fumigasi dapat mengenai sasaran secara tepat.

Langkah kedua ialah penutupan ventilasi yang ada pada ruangan (covering), supaya gas fumigan dapat dipastikan tidak bocor.

Penyungkupan atau durasi fumigasi tergantung dari jenis fumigan yang disarankan. Apabila menggunakan liquid phosphine maka cukup butuh waktu 1 hari saja, namun jika menggunakan phosphine tablet membutuhkan waktu hingga 3 hari.

Setelah proses penyungkupan (fumigasi) selesai, berlanjut ke proses >pembukaan plastik sungkup. Pembukaan plastik sungkup atau terpal dilakukan beberapa saat supaya tidak ada sisa gas sehingga aman bagi manusia. Kemudian customer akan memeriksa apakah masih ada hama yang hidup dan masih adakah kutu yang pingsan. Dari situ, dapat diputuskan kapan perlu fumigasi lagi supaya tidak ada hama tersisa.

Pemanfaatan fumigan secara konvensional sering dijumpai pada komoditi pertanian. Namun kini, pemanfaatannya sudah semakin luas. Fumigan ini bisa digunakan di kapal, armada bus, gedung perpustakaan, gedung arsip, penyimpanan dokumen, atau bangunan lainnya.

Umumnya, zat yang digunakan sebagai fumigan adalah biosida, yakni senyawa kimia yang sangat ampuh  membunuh organisme pengganggu yang ada disekitarnya.

Contohnya adalah iodoform, sulfuryl fluoride, methyl bromide, chloropicrin, formaldehida, fosfin, dll.

Dari berbagai pilihan bahan tersebut, dua zat yang umum dipakai di Indonesia adalah metil bromida dan fosfin. Apa perbedaan keduanya?

Metil bromida

Produk ini memiliki sifat yang cepat membunuh. Maka dari itu, pemakaiannya sangat terbatas. Yakni hanya pada pre-shipment karena sifatnya yang merusak lingkungan terutama lapisan ozon.

Gas fosfin

Ini adalah pilihan yang paling banyak digunakan di Indonesia. Gas fosfin yakni Aluminium fosfida berbentuk tablet atau sekarang ini ada juga fosfin formulasi cair berbentuk gas cair umumnya dipakai untuk mengendalikan serangga yang ada di komoditas pangan.

Sangat cocok digunakan pada komoditi pangan seperti gandum, sereal, tepung, atau biji-bijian yang diserang kutu (infestasi). Produk ini juga bisa digunakan untuk serangga daun tembakau pada produksi rokok.

 

4. Sifat kimia dari Fumigan

Berikut ini adalah sifat-sifat kimia yang dimiliki oleh bahan fumigasi:

Waktu paruh

Adalah waktu yang dibutuhkan untuk turun sampai setengah dari jumlah sebelumnya. Semakin lama nilai paruh berarti laju degradasinya semakin lambat.

Titik didih

Selain kemampuannya dalam penguapan, sifat lain yang dikaitkan dengan fumigasi adalah titik didihnya.

Fumigan dengan titik didih tinggi biasanya akan berbentuk cair atau padat pada saat berada di suhu ruang. Sebaliknya, fumigan dengan titik didih yang rendah biasanya akan berubah menjadi gas saat ditaruh di dalam tabung yang tekanannya tinggi.

Tekanan uap

Setiap bahan yang digunakan dalam metode ini memiliki tekanan uap berbeda. Simpelnya, ada yang mudah menguap (tekanan uapnya tinggi), ada pula yang sulit menguap. Contoh bahan yang mudah menguap dan menembus lingkungan dengan cepat adalah metil bromida.

Kelarutan

Daya larut fumigan ini didasarkan pada tingkat kelarutannya pada air.

Konstanta Henry

Konstanta Henry adalah perbandingan antara konsentrasi fumigan di udara dengan konsentrasinya dalam air pada suhu tertentu. Nilai konstanta henry berbanding terbalik dengan kelarutannya dalam matriks tanah yang memiliki arti: semakin rendah nilai konstanta, semakin tinggi kemungkinan fumigan tersebut akan larut dalam air tanah. Begitu juga sebaliknya, apabila konstanta tersebut tinggi, maka fumigan bisa jadi malah tertinggal di air tanah dalam jangka waktu yang lama.

 

5. Keunggulan Fumigasi dengan fumigan fosfin:

  1. Dapat membasmi hama di seluruh stadium atau fasenya.
  2. Tidak meninggalkan residu sisa fumigasi yang memberikan efek samping jangka panjang pada komoditas yang difumigasi.
  3. Berdaya bunuh yang cepat dan efektif.
  4. Dapat dilakukan pada keadaan suhu yang berbeda-beda.
  5. Merupakan salah satu cara yang sangat efektif bila cara alami tidak dapat digunakan karena gas fumigan masuk sampai ke dalam karung (Infestasi hama).
  6. Memerlukan penanganan khusus mengingat daya bunuh fumigan yang sangat tinggi.
  7. Membutuhkan Fumigator yang berpengalaman dan bersertifikat.

 

6. Hama sasaran Fumigasi:

  1. Sitophilus spp (Kumbang Beras)
  2. Tribolium spp (Kumbang Tepung)
  3. Stegobium Paniceum (Kumbang Biscuit) 
  4. Kutu Buku/kertas (Lippocelis spp)
  5. Tikus (semua jenis)
  6. Kecoa (semua jenis)
  7. Rayap (semua jenis)

Spesifikasi Fumigasi terbagi 2 (dua) yaitu Space (Ruangan) dan Close Container. Bahan Fumigan yang digunakan yaitu Tablet Phosphine (PH3) dan Liquid Phosphine (PH3). Waktu yang diperlukan dalam Fumigasi fosfin tablet selama 3 x 24 jam dikurangi waktu Persiapan kurang lebih setengah hari kerja, sedangkan waktu yang diperlukan dalam Fumigasi fosfin formulasi cair selama 1 x 24 jam dikurangi waktu persiapan kurang lebih setengah hari kerja. Dosis yang digunakan sebesar 15-25 gr/m3. Garansi pasca pekerjaan yaitu Fumigasi ulang bila hama sample tidak mati.

 

Dengan Spesifikasi Fumigasi fosfin yang tersedia, sangat cocok dipergunakan untuk keperluan Industri pangan maupun non-pangan apalagi yang membutuhkan fumigasi cepat atau fumigasi efektif antara lain:

  1. Pergudangan pangan (fumigasi gudang pangan) seperti fumigasi beras, fumigasi jagung, fumigasi pakan ternak, fumigasi katul, fumigasi tembakau, fumigasi kopi, fumigasi tepung terigu, fumigasi kemiri, fumigasi pala, dan fumigasi biji-bijian lainnya.
  2. Pergudangan arsip (fumigasi arsip) atau gedung penyimpanan dokumen (fumigasi dokumen).
  3. Bahan pangan ekspor seperti fumigasi buah, fumigasi ekspor, fumigasi cangkang sawit atau sayur ekspor.
  4. Bahan pangan impor seperti gandum, tepung, buah impor
  5. Transportasi laut seperti fumigasi kapal atau fumigasi palka, dan transportasi darat seperti fumigasi bus atau fumigasi kereta

 

Jika Anda ada pertanyaan atau membutuhkan informasi lebih lanjut tentang produk kami, hubungi kami sekarang !

PT Panca Prima Wijaya

085313200188 / 081318939319

Whatsapp : KLIK DISINI

YouTube : KLIK DISINI

Instagram : KLIK DISINI

Facebook : KLIK DISINI